Senin, 23 Mei 2011

Setitik Pencerahan

“ seribu lima ratus pak...” jawab bocah sambil mengadahkan tangannya di kaca mobil.
Beberapa bocah pun mengikuti temannya sambil berlari kecil, menyebrangi jalan bagai taman bermain yang biasa dilalui. Tanpa ada rasa takut dan khawatir akan resiko yang ada.
Inilah nasib anak bangsa yang masih belum bisa merasakan kenyamanan bermain. Hanya demi sesuap nasi, ia rela melakukan apa saja. Termasuk berjualan koran di seberang jalan, di perempatan trotoar, sekalipun di tengah jalan saat lampu merah.
Bayangkan nasib generasi untuk tahun ke depan. Sekarang saja masih kecil sudah mencari uang demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Lantas dimana peran orang tua ??????
Bukankah masa kecil waktunya untuk puas-puas bermain sambil menikmati limpahan kasih sayang. Dan orang tua wajib memberikan kesempatan untuk para anak usia dini untuk bisa mengenyam pendidikan. Agar disaat waktunya si anak tumbuh, ia tidak menyimpang pergaulannya.
Sekolah ada di tengah-tengah masyarakat bukan hanya untuk mencerdaskan, namun juga membentuk pribadi karakter anak. Meskipun memang, semua itu tergantung pada orang tuanya juga.
Tidak hanya untuk pendidikan, sekolah juga mengajarkan pada anak bagaimana ia bersosialisasi. Survei membuktikan, anak yang pendidikannya dari home schooling, cenderung susah bersosialisasi. Meskipun memang dari segi intelektualitas teoretik dan kecerdasan. Anak home schooling lebih menonjol. Bedakan dengan anak yang mengenyam pendidikan di sekolah. Selain sosialisasinya lebih dibanding anak home schooling juga segi intelektualitas akan pengetahuan luar juga mendukung. Seperti, lomba-lomba yang diadakan sekolah. Itu merupakan sedikit memacu anak untuk bisa menggali prestasi yang dimiliki serta anak dapat memperoleh teman baru. Dengan begitu kualitas bergaulnya meningkat, pengetahuannya juga oke... tinggal membentuk akhlak anak saja di rumah. Dan ini, yang paling berperan adalah orang tua. Sedini mungkin orang tua mengajarkan agama pada anaknya, besarnya anak itu tidak salah jalan, insya allah...
Balik lagi ke anak jalanan.. pemerintah sudah mengadakan sekolah gratis, tapi yaa masih saja ada yang tidak mau sekolah. Dengan berbagai alasan yang dibuat. Namun, jika orang tua yang masih belum sadar akan pentingnya nasib generasi yang tidak mengenyam pendidikan, rasanya sedih sekali.
Namun, semoga masih ada harapan anak yang mau sekolah demi masa depannya. Dan saaluut banget buat orang tua yang masih berusaha dengan keras agar anaknya bisa merasakan sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar